Berbagi Informasi dan Pengetahuan

Pengertian Tentang Apa Itu Bitcoin

Akhir-akhir ini di internet nama BITCOIN makin mentereng aja. Di mana-mana orang mulai bersuara menawarkan bitcoin untuk sebuah transaksi. Ada yang membayar dengan BITCOIN ada yang membeli dengan BITCOIN yang juga sering disingkat BTC.

Apa itu BITCOIN?
Bitcoin (BTC) adalah sebuah mata uang virtual yang dikenal dengan sebutan cryptocurrency atau mata uang digital dengan teknologi peer to peer, yang menggunakan metode cryptography untuk "keamanan" mata uangnya sendiri. Bitcoin sifatnya "opensource" sangat-sangat mengedepankan kebebasan, sebagai tantangan dan sandingan bagi mata uang konvensional. Transaksi bitcoin dapat terjadi tanpa harus melewati satu perantara alias dari orang ke orang. Tidak perlu ada Bank, atau medium lain (seperti paypal, payza, dll); tetapi masing-masing dapat langsung saling barter (memberi, menerima) dengan alamat bitcoin mereka (bitcoin address). Dan yang juga tak kalah penting, berlaku di semua negara/bangsa/suku! BTC memang lambang kebebasan.
Sejarah BITCOIN
Entah apakah figur ini nyata atau tidak, tetapi disebutkan bahwa BITCOIN lahir dari seseorang dengan nama samaran japanase: Satoshi Nakamoto. Karena itu juga pecahan mata uang terkecil Bitcoin dikenal dengan sebutan "satoshi". Diketahui Bitcoin pertama muncul di tahun 2009. Sampai sekarang masih banyak perdebatan mengenai siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto ini. Artikel yang dibuat oleh Andrea Peterson di Washington Post mencoba menerka siapa pencipta bitcoin yang terkenal ini.

Pecahan Mata Uang Digital Bitcoin
Selain satoshi, dimana 1 satoshi = 100 juta BTC, Anda juga akan menemukan satuan mBTC dan μBTC.

Selengkapnya:
    1 BTC = 100,000,000 Satoshis
    1 BTC = 1000 mBTC (millibitcoin)
    1 mBTC = 100,000 Satoshis
    1 μBTC (microbitcoin) = 100 Satoshis

Nilai Real BTC dengan Mata Uang Konvensional.
Christopher Matthews di business.time.com menulis kenapa para ekonom punya hak untuk membenci Bitcoin. BTC adalah sebuah fenomena yang diluar jargon dan garda ekonomi standar. Di era internet global seperti sekarang, media barter seperti Bitcoin memang akan sangat bergejolak dan sulit dibaca. Dikatakan lagi oleh penulis, pernah dalam 48 jam mata uang BTC turun dari $1,200 ke $600 per 1 BTC

Yep! Baru tahu ya? 1 BTC itu bisa bernilai lebih dari 10 juta rupiah!!

Berapa Nilai Bitcoin
Artikel di CNN ini mengulas kenaikan gila harga bitcoin yang terakhir dikutip di tanggal 29 November 2013 1 BTC = $1,242!

Coba, jadi ngebayangin enak mana nyimpen BTC apa Rupiah? Hehehe.

Fungsi Bitcoin
Untuk apa sih Bitcoin? Ya untuk transaksi atau barter. Kenapa nilainya meningkat, karena tentunya semakin banyak orang percaya pada kemampuan dan kekuatan Bitcoin sebagai sebuah digital currency. Selain mungkin ditilik dari kemudahan, dan keamanan, juga "kebebasan".

Ya soalnya Bitcoin memang diusung oleh orang-orang yang memiliki ide "Free Trade World". Mereka yang suka dengan hal-hal berbau "open source". Sebuah dunia sosialis yang menjadi lawan dari jenis dunia kapitalis saat ini. 

Semakin banyak sekarang, merchant atau produk yang dijual dan dihargai dengan mata uang bitcoin. Bahkan menurut artikel yang dibuat Ben Rooney untuk money.cnn.com di atas; BAIDU searchengine terbesar di Cina sudah menerima metode bitcoin untuk transaksi.

Apakah Bitcoin mungkin digunakan untuk transaksi nyata?
Idenya memang ke arah sana kelak. Karena dengan semakin membuminya gadget di tangan masing-masing individu, maka tentunya pembayaran dengan Bitcoin makin mungkin. Bayangkan Anda mau beli starbuck atau Anda mau bayar di kasir hypermarket, gak perlu merogoh kocek untuk uang kertas atau koin lagi, atau gak perlu juga sibuk apply kartu kredit atau debet, karena semuanya dengan mudah tinggal mengklik tombol untuk mengirim/menukar antar wallet to wallet. 

Nah, apakah Anda siap sekarang mengumpulkan atau istilah kerennya "mining"/menambang Bitcoin gratis sekarang??? Ok! Anda sudah datang ke tempat yang tepat, karena kami berbagi info Bitcoin gratis di sini.

Selamat berburu BTC!!

Pengertian Tentang Apa Itu Bitcoin Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown